Kamis, 13 Desember 2012

Korps Tempur Angkatan Darat

Berikut Adalah korps tempur TNI-ANGKATAN DARAT :

 INFANTERI
             Infanteri merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan berjalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat.Pasukan ini adalah yang terdepan untuk bertempur bila terjadi pertempuran. Ciri khas prajurit infanteri adalah menggunakan baret hijau berlambangkan senapan bermata sangkur.



                     
KAVALERI
        Merupakan kesatuan bantuan tempur di TNI-AD. kavaleri bertempur dengan menggunakan kendaraan lapis baja. Pasukan kavaleri berperan sebagai satuan yang mampu bergerak cepat dan mobile sekaligus berfungsi sebagai penyerang pendadakan atau pendobrak yang akan membuka jalan bagi pasukan infanteri.








 
ARMED
        Artileri Medan disingkat Armed merupakan kesatuan bantuan tempur (banpur) di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Pasukan ini menggunakan meriam sebagai bantuan tembakan jarak jauh menggunakan meriam dan senjata berat lainnya. serta melakukan  perusakan wilayah musuh secara luas.








ZENI TEMPUR
       Kesatuan ini merupakan kesatuan standar militer di seluruh dunia karena perannya dalam pertempuran sejak zaman purba, karena pada intinya fungsi bantuan tempur Zeni adalah bersifat improvisasi, insidentil, dan menggunakan standar teknik yang khusus dikualifikasikan pada Satuan Zeni. Zeni Tempur sendiri secara umum baik di luar negri maupun di Indonesia mempunyai fungsi sebagai pasukan Bantuan Tempur terhadap Pasukan Manuver (Infanteri).
Banpurzi diaplikasikan pada segala pekerjaan yang bersifat membantu gerak maju pasukan manuver, dan aksi menghambat gerak maju pasukan lawan,9 tugas Pokok Zeni AD terdiri dari: Konstruksi, Destruksi, Rintangan, Samaran, Penyeberangan, Penyelidikan, Perkubuan, Penjinakan bahan peledak (Jihandak), serta Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika)pasif.                                                                  


KOSTRAD

lambang kostrad
        Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau biasa disingkat Kostrad adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat Kostrad memiliki pasukan berkisar antara 25.000 sampai 26.000 personel yang memiliki selalu siap untuk beroperasi atas perintah panglima TNI kapan saja.
tugas Komando Cadangan Strategis TNI – AD (Kostrad), diatur bahwa Kostrad sebagai Komando Utama Pembinaan berkedudukan langsung di bawah Kasad, sedangkan sebagai Komando Utama Operasional Kostrad berkedudukan langsung dibawah Panglima TNI. Kostrad bertugas pokok membina kesiapan operasional atas segenap jajaran Komandonya dan menyelenggarakan Operasi Pertahanan Keamanan tingkat strategis sesuai dengan kebijaksanaan Panglima TNI

.





KOPASSUS
       Komando Pasukan Khusus yang disingkat menjadi Kopassus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Perlu diketahui Kopassus adalah pasukan Elit Terbaik 3 didunia dibawah SAS (Inggris), dan Mossad(Israel). Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror. Prajurit kopassus berasal dari prajurit Infanteri yang terpilih. kemudian dididik menjadi prajurit KOMANDO selama 7 bulan di PUSDIKPASSUS Batujajar.







1 komentar:

  1. Mossad itu bukan pasukan khusus Israel tapi badan intelejen. Kalau pasukan khusus Israel selalu diawali kata "Sayeret". Untuk pasukan elit AD adalah Sayeret Matkal. Sedangkan Sayeret Shaldag adalah semacam Korpaskhas dibawah AU.

    BalasHapus